Tips Lolos Tes Beasiswa Timur Tengah dan Kumpulan Soal

April 26, 2018



Bismillahirrahmanirrahim...
Merasakan hiruk-piruk menjalani studi di luar negeri merupakan impian sebagian orang, bukan berarti sudah merasa tidak puas dengan model pendidikan di dalam negeri, namun kacamata sebagian orang menilai ada banyak nilai positif yang bisa ia dapatkan di luar negeri yang tidak bisa didapatkan di negeri sendiri .

Keanekaragaman bangsa memang diciptakan untuk saling mengenal dan saling melengkapi. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memperbaiki segala kekurangan pada diri kita dengan mengaca pada orang lain yang dilihat lebih baik.

Tidak salah, banyak dari tokoh-tokoh besar di Indonesia adalah lulusan luar negeri, yang kemudian membawa perubahan positif dan signifikan dalam pembangunan negara. sebagian mereka melakukan perubahan dalam bidang ekonomi, kedokteran, politik, teknik bahkan ilmu-ilmu agama. Transkultural yang dibawa oleh duta-duta Indonesia melalui mahasiswanya mulai dari yang diutus ke Eropa, Amerika maupun Timur Tengah telah menorehkan tinta emas bagi masa depan bangsa yang besar ini.

***

Supaya lebih spesifik, penulis ingin berbagi pengalaman dan informasi terkait beasiswa Timur tengah (Mesir, Maroko, Sudan dan Libanon). Semoga bermanfaat...

Setiap tahunnya Indonesia telah mengirim bibit unggulnya  untuk melanjutkan studi mereka ke manca negara, salahsatunya Timur Tengah. Timur Tengah pernah menjadi sentral peradaban dunia selama beberapa abad, hingga saat ini negara Timur Tengah masih berkonstribusi besar dalam bidang pendidikan terutama mereka yang menggeluti dunia keagamaan.

hal terpenting bagi setiap kita adalah senantiasa memperbaiki niat ikhlas dalam segala hal, termasuk bercita-cita melanjutkan studi ke Luar Negeri. Jangan sampai tujuan yang mulia ini hanya bertujuan untuk berlomba-lomba menyombongkan diri, atau  hanya demi selembar ijazah dan gelar akademik, karena hal ini sangat berpengaruh pada hasil akhir di masa mendatang.

Bagi pelajar yang hendak melanjutkan studinya ke kawasan Timur Tengah harus mengikuti seleksi yang telah disediakan oleh pemerintah. Walaupun sebagian orang "nekat" berangkat tanpa jalur prosedural, penulis sangat tidak menganjurkan jalur tidak resmi ini, karena hanya akan berakhir pada hal negatif yang tidak diinginkan.

Informasi hingga pendaftaran bisa diakses melalui internet dengan jalur online terkhusus Timur Tengah bisa dilihat informasi lengkapnya di wibesite Kementerian Agama Republik Indonesia. diktis.kemenag.go.id
Biasanya pendaftaran mulai dibuka sekitar bulan Maret hingga April, dan ujian seleksi akan dilakukan pada bulan Mei di setiap tahunnya. Kemudian bagi kawan-kawan yang berhasil lolos dalam tahap seleksi diharapkan mempersiapkan mental dan materi untuk pemberangkatan menuju negara tujuan pada bulan Agustus hingga September.

Ada dua sesi dalam pelaksanaan seleksi, sesi pertama tes Tulis, dan kedua tes lisan.
 yang harus dan urgen dipersiapkan bagi setiap pelamar beasiswa ini adalah Bahasa, dan bahasa pengantar di Timur Tengah adalah Bahasa Arab. Sebagaimana bagi calon pelajar ke Eropa dan Amerika bahasa pengantarnya adalah Bahasa Inggris. Ada nilai plus yang tidak ada dalam list persyaratan calon pelajar Eropa dan Amerika, yaitu persyaratan mengafal beberapa juz al-Quran bagi calon pelajar Timteng. Maka bagi kawan-kawan yang memiliki cita-cita ke sana adalah dua hal yang paling penting, Bahasa Arab dan Hafalan al-Quran.

Adapun untuk menyingkat, penulis langsung menyertakan surat resmi Kemenag terkait edaran Seleksi beasiswa Timur Tengah tahun 2018.



 Setelah mengetahui banyak hal terkait informasi yang dibutuhkan, para calon pelajar harus memperbanyak berdoa dan usaha, salahsatunya adalah mengetahui model soal yang akan diujikan pada tahap seleksi. Jangan malu untuk meminta bimbingan senior atau guru yang dianggap lebih berkompeten saat dihadapkan dengan soal-soal yang berbahasa Arab. berikut penulis sertakan contoh soal dari tahun ke tahun supaya para calon memilki gambaran dalam menghadapi ujian selanjutnya. Supaya lebih mudah, silakan download file di bawah ini kemudian cetak. 

Sejak tahun 2019, ujian tes Timteng berubah hampir 80 persen. Pertama ujian menggunakan komputer yang tersambung ke Internet. Kedua soal-soal yang ditanyakan menggunakan standard Toafl (bukan Toefl) yang bersumber dari institut bahasa Arab di German. Ketiga, isi pertanyaannya lebih dominan yang berkaitan dengan Grammatika Bahasa Arab,  berbeda dg soal-soal yang sebelumnya yang masih banyak soal-soal yang berkaitan dengan fikih, sirah, tafsir dan Hadits. Dan kami tidak bisa mencopy atau mensalin seperti apa soal tersebut. Karena memang keautentikan soal dijaga ketat. Bahkan soal teman yang duduk bersebelahan saja berbeda. Setelah beberapa menit usai melaksanakan ujian, nilai pelajar pun langsung keluar di layar kaca komputer, dan bisa langsung diketahui lulus atau tidak. Demikian. 

Di bawah ini contoh soal sebelum ada perubahan



Soal Tahun 2010




Soal Tahun 2011




Soal Tahun 2012




Soal Tahun 2014




Soal Tahun 2015




Soal Tahun 2016




Soal Tahun 2017



 Penulis berharap "yang sekedarnya ini" menjadi manfaat bagi banyak orang dan menjadi amal jariah bagi kita semua. Keep spirit...!!!

Oleh: Ali Afifi al-Azhary (Mahasiswa Fakultas Bahasa Arab Universitas Al-Azhar Kairo)
Cairo, 27 April, 2018

Jika ada pertanyaan atau hal yang kurang jelas, silahkan hubungi,
 Email : aliafifi7897@gmail.com
Akun facebook: Ali Afifi
Instagram: ali_afifi_alazhari

You Might Also Like

9 komentar

  1. Assalamualaikum, mau nanya nih
    Untuk soal tahun 2013 nya gaada??

    BalasHapus
    Balasan
    1. soal-soal yang bisa saya temukan hanya itu

      Hapus
    2. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA KISAH SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, awal saya adakan pengurusan saya buka google dan saya dapat no tlp salah satu jasa pengurusan ijazah terus saya tlp dan saya di minta kirim adm pengurusan ijazah setelah saya transfer saya tunggu selama 1 bulan ternyata tak kunjung jadi tapi saya baru sadar diri kalau saya ini di TIPU dan beberapa blog jasa di google saya hub semua'nya ternyata PENIPU, saya sempat putus asa tapi alhamdulillah saya ketemu salah satu keluarga saya yang bekerja di dinas pendidikan kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening bendahara bpk DR SUTANTO
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Hapus
  2. Assalamualaikum...apa kah jalur nin beasiswa lebih besar kemungkinannya bagi mabaa yg sudah berbekal hafalan dan bahasa yg satandart

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya mencoba terlebih dahulu, syukur jika mendapat yang jalur beasiswa.
      Tapi jalur pribadi (non beasiswa) adalah slusi jika tidak lulus beasiwa

      Hapus
    2. Bisa dibuatkan tulisannya mas untuk mrk yg mau menempuh jalur nonbeasiswa?🙏🙏😇

      Hapus
  3. apakah peserta yang mengikuti seleksi jalur pribadi dari sekolah umum peluang lolosnya besar akhi?

    BalasHapus
  4. Akhi Apa ada soal yg berkaitan dengan sejarah islam

    BalasHapus
  5. Sejauh ini saat mendaftar seleksi tidak ada larangan sebelumnya sudah mendaftar di Univ atau belum.

    BalasHapus

aLi_afifi_alazhari