Anda Bertanya, Syekh Ali Jum'ah Menjawab

Juni 19, 2017

Anda bertanya, Syekh Ali Jum’ah menjawab.

Pertanyaan:

Seorang asal negara Ukraina bertanya kepada Sykeh: “Di negara saya, waktu Isya ‘ pukul 23.30, waktu Maghrib pukul 22.00, dan waktu adzan Subuh pukul 02.00. Bagaimana dengan puasa saya yang lamanya 20 jam, hal itu akan berakibat buruk terhadap kesehatan saya. Juga untuk meakukan sholat Tahajjud, saya tidak mungkin mengawalinya dengan tidur dikeranakan waktu 4 jam habis untuk sholat Tarawih dan persiapan sahur. Terimakasih.

Jawaban Syekh Ali Jum’ah:

Pertama mengenai sholat Tahajjud, si penanya berkeyakinan sholat Tahajjud bisa dikatakan Tahajjud jikalau mengawalinya dengan tidur terlebih dahulu. Padahal tidur bukanlah syarat untuk melakukan shoalt Tajjaud. Kalian bangun malam seluruhnya juga disebut Tahjjud. Karena secara bahasa (تهجد)berasal dari kata هجد  yang artinya (Tidur di malam hari), kemudian kemasukan hurus Ta’ yang bermakna Lissalb (Kebalikan). Sebagaimana kalimat (تأثم) “Atsima” artinya berbuat dosa, “Taastsama” artinya meninggalkan perbatan dosa. Tahajjud artinya tidak tidur. Jadi tidak disyaratkan tahajjud harus tidur sebelumnya. Dan kepada orang tersebut setelah melakukan shalat Tarawih, boleh langsung melakukan sholat Tahajjud.

Kemudian pertanyaan ke-dua, mengenai puasa 20 jam. Para Ulama berfatwa, jika waktu berpuasa dalam sebuah negeri lebih dari 18 jam, mekipun lebih satu menit, maka boleh baginya berbuka atas waktu Ummul Qura (Makkah). Karean itulah Allah menjadikannya Ummul Qura (Ibu dari semua Kota) karena kepadanyalah kita berkiblat, berhaji dan berumrah.

Apakah dalil atas hal itu?, dalilnya adalah hadis tentang Dajjal. Nabi bersabda pada hari itu bahwa sehari bagai setahun, sebagian tempat sehari bagai sebulan, dan bagian bumi lain bagai sepekan. Salah seorang sahabat bertanya: Apakah selama setahun itu cukup sholat sehari saja wahai Rasulullah?” Nabi menjawab, “Tidak, tapi kira-kiralah dengan waktu.” Wallahua’lam.

*Diterjemahkan oleh Ali Afifi, Santri Al-Azhar Kairo.

You Might Also Like

0 komentar

aLi_afifi_alazhari