Tasawwuf

April 01, 2018



Apa itu Tasawwuf ???

Syaikhul Islam Imam Zakaria al Anshari (w. 929 H.) :
"Tasawwuf adalah sebuah ilmu yang membahas tentang penyucian hati, likuidasi moralitas, serta rekonstruksi internal dan eksternal pada diri manusia".

Syekh Ahmad Zarruq (w. 899 H.) :
"Tasawwuf adalah ilmu yang dimaksudkan untuk memperbaiki hati, mensterilkannya dari segala hal selain Allah Swt. Sedangkan Ilmu Fikih adalah perbaikan amal, penjagaan terhadap nidzam (syariah), dan menghasilkan hikmah melalui hukum-hukum. Dan ilmu Teologi (akidah) adalah pencapaian melalui argumentasi,  mendesalinasi keyakinan dengan penguatan yang kokoh, layaknya ilmu kedokteran sebagai usaha penjagaan bagi kesehatan badan, jasad, juga ibarat ilmu Nahwu (gramatika) sebagai penjagaan bagi lisan dari sesalahan dalam berbicara".

Imam Junaid (w. 297 H.) :
"Tasawwuf adalah Melakukan segala akhlak yang mulia, meninggalkan segala yang buruk".
Sebagian lagi mengatakan :
"Tasawwuf secara universal adalah moral, erika, akhlak.  Barangsiapa yang bertambah etika nya maka dia telah bertambah Tasawwufnya ".

Imam Abu Hasan as Syadzili (w. 656 H.) :
"Tasawwuf adalah melatih jiwa atas penghambaan kepada Allah Swt, serta mengembalikannya kepada hukum-hukum ketuhanan".

Ibnu Ujaibah ra. :
" Tasawwuf adalah ilmu untuk mengetahui  jalan menuju Allah,  penyucian hati dari segala sifat yang keruh, kemudian mengisinya dengan sifat mulia nan agung. Berawal dari sebuah ilmu,  kemudian pengamalan ,  dan terakhir pemberian dari Allah Swt".

You Might Also Like

0 komentar

aLi_afifi_alazhari