Keutamaan Corona bagi Manusia

Mei 02, 2020


Keutamaan Corona bagi Manusia menurut Imam Ibn Hajar al Asqalani.

Orang Arab menyebut penyakit yang tersebar dengan cepat dan merenggut banyak korban dengan istilah "To'un".  Sebuah wabah biologis yang Allah kirim kepada umat manusia dengan tujuan tertentu. Atau yang terjadi saat ini seperti corona virus.

Wabah mematikan semacam corona dahulu sudah banyak terjadi, termasuk di Mesir, Syam dan sekitarnya. Termasuk juga terjadi  di zaman penulis buku ini, Imam Ibn Hajar al Asqalani. 
Di ceritakan bahwa 3 putri beliau meninggal karena wabah. Dalam muqoddimah buku ini beliau mengatakan, latar belakang penulisan buku ini atas permintaan orang-orang yang ingin lebih mengetahui apa komentar Islam tentang wabah mematikan. Beliau juga bercerita  bahwa di zamannya ada sebuah kemungkaran yang bisa jadi menjadi sebab wabah itu diturunkan.

singkat cerita, To'un adalah tentara Allah dan datang atas kehendak Allah. Selama itu dari Allah pasti ada hikmah di balik itu.

Dari Sahabat Usamah bin Zaid, Nabi Muhammad Saw bersabda:
"To'un adalah wabah yang Allah kirim kepada umat terdahulu, dan masih tersisa. Wabah itu menghilang dan kembali sesuai kehendak-Nya"
Di masa Nabi Musa toun menimpa pada pengikut Fir'aun,  selain itu Allah juga mengirimkan pasukan belalang yang merusak tanaman pengikut Fir'aun.  Sehingga fir'aun meminta kepada Nabi Musa untuk berdoa kepada Tuhan Musa.  Fir'aun berjanji akan beriman.  Akhirnya Nabi Musa berdoa kepada Allah untuk mengangkat wabah ini, doa beliau dikabulkan. Kisah ini terekam dalam surat al-A'raf ayat 134.

Sayyidah Aisyah pernah bertanya kepada Rasulullah tentang toun, beliau menjawab:
"wabah ini adalah rahmat bagi orang Islam dan azab bagi orang kafir".

Dalam kitab ini juga Imam Ibn Hajar menjelaskan tentang makruhnya lari dari toun karena itu bagi umat Islam adalah rahmat.  Dan orang Islam yang meninggal wafat dalam keadaan Syahid.

Supaya lebih nikmat, silahkan baca sendiri buku ini. Link download :
https://drive.google.com/file/d/1AphLn8f8joerMZHOcVS9k4YgfyMrFg3p/view?usp=drivesdk

You Might Also Like

0 komentar

aLi_afifi_alazhari